PCMAV RC22 Update Build1

Majalah PC Media merilis Update Build1 untuk PC Media Antivirus RC22. Penambahan signature virus yang terdapat pada update kali ini sebanyak 9 buah virus yang dilaporkan banyak beredar di Indonesia. Untuk Kamu pengguna PCMAV RC22 sangat disarankan untuk segera melakukan update ini agar PCMAV dapat lebih mengenali virus lebih banyak.

Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, hendaknya terlebih dahulu Kamu tutup PCMAV RealTime Protector (jika aktif). Selanjutnya Kamu cukup menjalankan PCMAV Cleaner RC22 (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer Kamu dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Kamu bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download tersebut (RC22.VDB) ke dalam folder di mana PCMAV RC22 berada. Dan saat Kamu kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.

Namun bagi Kamu yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Kamu bisa men-download file-nya melalui beberapa alamat ini: DivShare.com, IndoUpload.net (mirror), atau Files-Upload.com (mirror).

Salah satu signature virus lokal yang terdapat pada update kali ini adalah varian virus Adryz.B. Seperti pada varian sebelumnya, ia dibuat menggunakan bahasa Visual Basic. Virus yang memiliki ukuran tubuh sebesar 118.272 bytes ini di-pack menggunakan UPX. Pada varian kali ini, ia masih mempercayakan pada icon folder bawaan Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini secara realtime akan meng-copy-kan dirinya ke setiap drive agar dapat menyebar.

Jadi, jika Kamu pengguna flashdisk, sebaiknya berhati-hati apabila menemukan file mencurigakan yang Kamu sediri tidak merasa membuatnya. Contohnya, beberapa virus banyak yang menggunakan trik Autorun dari removable disk dengan menempatkan file induk dan file pendukung dengan nama autorun.inf pada root drive tersebut, jadi saat Kamu mengakses drive terinfeksi, maka tanpa disadari virus ini pun ikut aktif.

Dalam aksinya, Adryz.B akan selalu memantau waktu di komputer Kamu, yang pada saat-saat tertentu akan menampilkan pesan yang ditujukan kepada sang user untuk melakukan ibadah sholat bagi umat muslim. Ini dilakukannya pada pukul 04:35:00, 12:05:00, 15:30:00, 18:05:00, dan 19:05:00. Selain itu, pada direktori Windows pun akan terdapat pesan dari sang pembuat virus. Dalam pesan kali ini, anehnya ia menceritakan tentang sejarah dari Gorontalo, entah apa maksudnya.

~ by kharizmi on November 17, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: